Selasa, 15 Mei 2012

Doa Bagi Sang Belahan Jiwa

DOA
1.ISTRINYA
Tuhan, jadikan aku istri yang baik. Aku menyadari bahwa aku tidak memiliki hal-hal yang menjadikanku istri yang baik tanpa pertolongan-Mu.Angkatlah semua egoisme, ketidaksabaran, dan sifatku yang mudah jengkel dan ubahkan menjadi kebaikkan hati, tahan menderita, serta kemauan menanggung segala hal. Singkirkan semua kebiasaan lamaku yang emosional, reaksi otomatis, pikiran-pikiran yang kasar, dan sikap melindungi diri sendiri, serta jadikan aku penyabar, baik hati, ramah, setia, lembut, dan dapat mengendalikan diri. Singkirkan kekerasan dalam hatiku dan hancurkan tembok-tembok penghalang itu dengan wahyumu yang penuh kuasa. Berikan dalam diriku hati yang baru dan biarlah kasih-Mu, damai dan sukacita-Mu bekerja di dalamku (Gal 5:22-23).Aku tak mampu mengangkat diriku lebih dari keberadaanku saat ini. Hanya Engkau yang bisa mengubahkan aku.
Tunjukkan dosa-dosa yang ada di dalam hatiku, terutama yang berkaitan dengan suamiku. Aku mengakui sering bersikap tidak mengasihi, suka mengkritik, marah, menolak, tidak hormat, tidak mengampuni kepadanya. Tolong aku untuk menyingkirkan segala sakit hati, kemarahan, atau kekecewaan terhadapnya dan tolong aku mengampuninya seperti Engkau telah mengampuninya dengan sepenuh hati, tanpa menlihat kembali ke belakang. Jadikan aku alat pendamaian dan penyembuhan dalam pernikahan kami. Mampukan kami berkomunikasi dengan baik dan jauhkan kami dari ambang perpisahan yang dapat menjadikan awal perceraian.
Jadikan aku pembantu, rekan, juara, sahabat, serta pendukung. Tolong aku membangun rumah tempatnya beristirahatyang damai dan aman baginya. Ajari aku mengurus diriku sendiri agar selalu menarik baginya. Tumbuhkan aku menjadi wanita yang kreatif dan penuh percaya diri, yang selalu kaya dalam pikiran, jiwa dan roh. Jadikan aku wanita yang dapat membuat suamiku bangga memiliki aku sebagai istrinya.

Aku memyerahkan semua harapanku pada salib-Mu. Aku membebaskan suamiku dari semua beban mengurus aku karena aku sekarang mengharapkannya dari-Mu, Tuhan. Tolong aku menerima dia sebagaimanan adanya dan tidak berusaha mengubahnya. Aku menyadari bahwa dalam beberapa haldia tidak pernah berubah, tetapi pada saat itu jugatelah membiarkannya berubah secara yang tak pernah kuduga sebelumya. Aku menyerahkan semua yang perlu diubahkanke dalam tangan-Mu dan dengan sepenuhnya menerima bahwa kami berdua tidak sempurna, dan tidak akan pernah sempurna.Hanya Engkau Tuhan yang sempurna. Dan aku mohon Engkau menyempurnakan kami.
Ajari aku berdoa buat suamiku dan jadikan doa-doaku bahasa cinta yan g tulus. Bila ada cinta kami yang sudah mati, ciptakan cinta yang baru diantara kami. Tunjukkan padaku bagaimana sebenarnya cinta yang tanpa syarat itu dan bagaimana memberitahukannya kepadanya supaya iapun bisa memahami. Bangkitkan kesatuan dalam diri kami supaya kamiselalu sepakat dalam segala hal. (Amos 3:3)Semoga Allah ayang adalah sumber ketekunan dan peghiburan memberi kami kerukunan satu terhadap yang lain,sesuai dengan kehendak Kristus Yesus (Roma 15:5). Jadikan kami satu tim, bukan mencari perpecahan atauhidup bersaing dan sendiri-sendiri, tetapi bekerja bersama tanpa memperhatikan keksalahan serta kekurangan masing-masingdemi hidup pernikahan yang lebih baik. Tolong kami mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membenagun (Roma 14:19). Semoga kami ‘erat bersatu dan sehati sepikir (1 Korintus 1:10)
Aku mohon supaya komitmen kami kepada-Mu dan satu kepada yang lain akan bertumbuh makin kuat tiap hari. Mampukan suamiku menjadi kepala rumah tangga sebagaimana Engkau menghendakinya, dan ajari aku mendukung dan menghormatinya sampai dia menjadi seorang pemimpin. Tolong aku memahami harapan-harapan dan melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya. Nyatakan padaku apa yang diinginkan dan dibutuhkan suamiku dan tunjukkan padaku apa yang bisa menjadi masalah sebelum masalahtimbul diantara kami. Hembuskan nafas kehidupan-Mu ke dalam hisup pernikahan kami.
Jadikan aku manusia baru, Tuhan. Berikan aku sudut pandang yang baru, cara melihat yang positif, hubungan yang diperbaharui dengan suami yang Tuhan telah berikanpadaku. Tolong aku melihat suamiku dengan mata baru, penghargaaan baru, cinta baru, kasih-sayang baru, penerimaaan baru. Berikan pada suamiku istri yang baru, yaitu aku.

2. PEKERJAANNYA
Tuhan, aku mohon agar Tuhan memberkati hasil kerja suamiku. Semoga pekerjaannya bukan hanya membawa kesenangan, sukses, dan kekayaan, tetapi juga kepuasan hidup. Bila kerja yang dilakukkannya tidak sesuai dengan kehendak-Mu yang sempurna bagi hidupnya, nyatakanlah kepadanya. Tunjukkan apa yang harus diubahnya, dan tuntunlah dia ke jalan yang benar. Berikan kepadanya kekuatan iman, serta visi bagi masa depan, supaya dia bisa mengalahkan kemalasan. Semoga dia tidak pernah lari dari tugasnya karena takut, egoisme, atau ingin menghindari tanggung jawab. Sebaliknnya tolong dia mengerti bahwa dia tidak perlu kerja mati-matian untuk meyenagkan hati orang, atau mencari keuntungan yang lebih dari yang Tuhan akan berikan.Berikan kemampuan padanya untuk menikmati kesuksesannya tanpa keserakahan. Tolong dia melakukan yang terbaik, tetapi jauhkan dia dari tekanan untuk mencapainya.
Aku berdoa agar Tuhan saja yang menjadi Tuhan atas pekerjaannya, dan semoga ia melibatkan Tuhan dalam tiap aspek kerjanya. Berikan kepadanya rasa percaya diri dalam semua talenta yang Tuhan telah percayakankepadanya agar dia mampu mencari, mendapatkan, dan melakukan kerja yang baik. Bukakan pintu-pintu kesempatan kepadanya yang tidak bisa ditutup oleh siapapun. Kembangkan bakatnya agar bertumbuh makin berharga tahun demi tahun.Tunjukkan padaku apa yang dapat ku lakukan untuk mendukungnya.
Aku berdoa agar pekerjaaanya akan mapan, aman, sukses, memuaskan dan menghasilkan. Jangan biarkan kerajinannya kendor, tetapi biarlah rohnya menyala-nyala dalam melayani Tuhan (Roma 12:11). Biarlah dia seperti pohon yang ditanam di tepi aliran sungai, yang menghasilkan buah pada musimnya. Semoga dia tidak menjadi layudi bawah tekanan, tetapi tumbuh kuat dan berhasil (Mazmur 1:3).

3.KEUANGANNYA
Tuhan, aku menyerahkan keuangan kami kepada-Mu.Aturlah Tuhan menurut kehendak-Mu dan pakailah bagi kemuliaan-Mu. Jadikan kami berdua pengelola yang baik atas semua yang Tuhan sudah berikan kami, dan ajari kami selalu sepakat dalam penggunaannya. Aku mohon agar kami dijauhkan dari beban hutang. Bila kami tidak bijaksana tolong  Tuhan perbaiki dan tuntunlah kami. Tunjukkan kepadaku agar aku dapat membantu menambah keuangan kami, bukan menghabiskan dengan bodoh. Tolong kami mengingat bahwa apa yang kami punya adalah milikmu, ajar kami mensyukurinya.
Aku berdoa agar Joe mudah memberi kepada-Mu dan kepada orang lain sebagaiman Engkau telah ajarkan di dalam firman-Mu. Berikan hikmat-Mu agar ia mengelolanya dengan baik. Tolong dia dala setiap keputusan yang diambilnya dalam hal pengeluaran. Ajari dia membuat rencana masa depan. Aku berdoa agar dia menemukan keseimbangan sempurna antara pemborosan untuk yang tak perlu dengan kepelitan. Semoga dia selalu mendapat imbalan yang layak untuk karyanya, dan semoga uangnya tidak dicuri, hilang, diboroskan, dihancurkan, atau terbuang percuma. Gandakan itu agar penghasilannya bisa mencukupkan kami untuk waktu yang lama. Aku mohon agar dia tidak terlalu cemas soal unag, tetapi mencari lebih dahulu kerajaan-Mu, karena dengan demikian kami akan memperoleh semua kebutuhan kami. (Lukas 12:31).

4. SEKSUALITASNYA
Tuhan, berkati kehidupan seksual suamiku dan jadikan itu sebuah kepuasan bagi hidupnya.Sempurnakan apa yang perlu disempurnakan, sesuaikan apa yang perlu disesuaikan. Lindungi kami dari rasa apatis, kekecewaan, kritik, tidak mau mengampuni, dan ketidakpedulian. Tolong kami menyediakan waktu satu sama lain, mengkomunikasikan perasaan kami masing-masing dengan bebas dan selalu peka terhadap kebutuhan masing-masing.
Jaga agar kami selalu kudus secara seksual baik dalam hati maupun tubuh kami, dan jauhkan kami dari segala sesuatu yang hina atau cemar yang akan menggoda kami.Bebaskan kami dari belenggu dosa masa lalu. Bersihkan kami dari dampak pengalaman seksual, dalam pikiran maupun perbuatan yang terjadi di luar pernikahan kami. Singkirkan dari hidup kami apaun atau siapapun yang yang dapat membawa pencobaan ke perselingkuhan. Tolong kami menyingkir dari seksualitas yang amoral supaya kami masing-masing mengetahui bagaiman memiliki pasangan hidup sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormata (I Tesalonika 4:3-5).Aku mohon agar kami hanya saling menginginkan dan tidak menginginkan orang lain. Tunjukkan bagaimana agar akubisa selau tampil menarik bagi suamiku dan menjadi pasangan yang diinginkannya. Aku berdoa agar kami tidak pernah tergoda untuk mencari kepuasan di tempat lain.
Aku menyadari bahwa bagian terpenting dari pelayanankuy kepada suamiku adalah kehidupan seksual. Tolong agar aku tidak menggunakannya sebagai senjata atau sarana manipulasi dengan cara memberi atau menolaknya dengan alas an kepentingan diri sendiri. Aku menyerahkan bagian hidup pernikahan ini kepada-Mu, Tuhan.Semoga kehidupan seksual kami senantiasa diperbaharui dan disegarkan. Jadilah kehendak-Mu atasnya.


5.KASIH SAYANGNYA
Tuhan, aku mohon kemesraan fisik antar aku dan suamiku. Mampukan kami berdua menyingkirkan kepekaan pribadi atau apatisme dan menjadi terbuka dalam menunjukkan cinta kami.Tolong kami menunjukkanbetapa kami saling mencintai dan menghargai. Ingatkan kami agar tiap hari kami saling menyentuh dengan mesra. Tolong agar kami jangan dingin, tidak demonstrative, tidak tertarik atau menyendiri. Mampukan kami menjadi hangat, lembut, sayang, mencintai, dan saling mengagumi. Hancurkan semua kekerasan dalam diri kami yang menghalangi kami berubah dan bertumbuh. Bila salah satu dari kami kurang mesra terhadap yang lain, bawalah kami pada keseimbangan.Ubahlah kebiasaan kami yang tidak peduli dan sok sibuk. Jangan biarkan kami saling menunggu dan tidak mau saling mendahului dalam menyentuh dengan kemesraan. Tolong kami agar tidak memperlemah ikatan pernikahan kami dengan mengabaikan sarana komunikasi yang vital ini. Saya mohon agar kami selau bisa selalu saling memberi salam dengan ciuman kudus (I Petrus 5:14). Aku tahu hanya kuasa pembaharuan dari Roh Kudus yang dapat mengadakan pembaharuan yang abadi. Aku mohon Tuhan memperbaharui kami dan menjadikan kami suami dan istri sebagaimana Tuhan kehendaki.

6.PENCOBAANNYA
Tuhan aku mohon supaya Enkau menguatkan suamiku menghindar dari godaan yang ditemuinya. Hapuskan itu dari pikirannya sebelum masuk ke dalam hatinya atau pengalaman pribadinya. Jangan bawa dia ke dalam pencobaan, tetapi lepaskan dia dari yang jahat seperti perzinahan, percabulan, obat-obatan, alcohol, kecanduan makanan, perjudian dan kebebalan. Singkirkan godaan terutama dalam hal….Jadikan dia kuat saat dia lemah. Tolong dia bangkit mengalahkan apapun yang membelenggu kehidupannya. Ajarkan kepadanya berkata, ‘Tiada ku taruh di depan mataku perkara dursila;perbuatan murtad aku benci, itu tak kan melekat padaku’ (Mazmur 101:3).
Tuhan Engkau sudah berkata bahwa ‘orang yang tidak dapat mengendalikan diri adalah orang yang roboh temboknya’ (Amsal 25:28) Aku berdoa supaya Joe tidak dikalahkan oleh kuasa kejahatan, tetapi dibangkitkan oleh kuasa Tuhan. Ciptakan benteng perlindungan disekelilingnya. Penuhi dia dengan Roh-Mu dan usir semua yang bukan dari pada-Mu. Tolong dia mengendalikan rohnya sendiri dan dengan pengendalian diri, mampukan diamenolak apapun dan siapapun yang mengodanya. Semoga id amenjauhi yang jahat dan melakukan yang baik (Roma 12:9). Aku berdoa agar dia menolak situasi yang menggoda. Berikan padanya kekuatan untuk menjauhi godaan itu. Ajarkan padanya untuk hidup dalam roh supaya dia tidak meurutinafsu kedagingan.

7.PIKIRANNYA
Tuhan, Aku memohon perlindungan-Mu atas pikiran suamiku.Bentengi dia dari dusta musuh. Tolong agar dia mampu membedakan suara-Mu dari suara-suara lain, dan ajari dia untuk mebawa semua pikirannya kepad-Mu seturut dengan kehendak-Mu.Semoga dia selalu haus akan firman-Mu dan lapar akan kebenaranMu supaya dia bisa mengenali pemikiran yang salah. Berikan padanya kekuatan untuk menolak pikiran-pikirandusta. Ingatkan bahwa dia memiliki pikiran Kristus.Bila ada dusta musuh yang sudah mengisi pikirannya, aku tolak dengan kuasa Roh Kudus yang menyucikan pikirannya. Tuhan, Engkau sudah memberi kami kuasauntuk menahan kekuatan musuh (Luk 10:19). Dengan kuasa yang Engkau berikan padaku dalam nama Yesus Kristus, aku usir semua roh pendusta dari pikiran suamiku. Aku nyatakan bahwa Tuhan sudah memberi Joe akal yang sehat. Dia tidak akan mebiarkan kebingungan, tetapi ia akan hidup dalam kejelasan. Dia tidak akan disiksa oleh pikiran-pikiran yang kotor,jahat, negative dan dosa, tetapi pikirannnya akan diperbaharui, sehingga dia dapat membedakan manakah kehendak Allah yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (Roma 12:2).
Mampukan dia menjadi kuat di dalam Tuhan, di dalam kuat kuasaNya (Efesus 6:10).Tolong agar dia tidak kuatir tentang apapun, tetapi menyatakan segala hal keinginannya kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur; dan semogadamai sejahtera Allah yang melampaui segala akal memelihara hati dan pikirannya dalam Kristus Yesus (Filipi 4:6-7). Dan akhirnya semua yang benar, semua yang mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, semua yang disebut kebajikkan dan patut dipuji, biarlah itu yang dipikirkannya(Filipi 4:8).

8.KETAKUTANNYA
Tuhan, Engkau telah berfirman bahwa di dalam kasih tidak ada ketakutan; kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan, sebab ketakutan mengandung hukuman, barang siapa takut ia tidak sempurna di dalam kasih (I Yohanes 4:18). Aku mohon Tuhan menyempurnakan suamiku dalam kasih-Mu agar ketakutan yang menyiksanya tidak mendapat tempat di dalam hatinya.Aku percaya Engkau tidak memberikan roh ketakutan kepadanya.Engkau telah memberinya roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban (II Timotius 1:7). Aku berdoa di dalam nama Yesus supaya rasa takut tidak mengalahkan suamiku. Sebaliknya kumohon supaya firman-Mu merasuki tiap titik hidupnya, serta menguatkan imannya bahwa kasih-Mu kepadanya jauh lebih besar dari apapun yang dihadapinya dan bahwa apapun tidak akan mampu memisahkan kasih-Mu dari padanya.
Aku berdoa agar dia mengakui Tuhan sebagai Bapa yang kasihNya tidak pernah gagal, yang kuasaNya tidak tertandingi, dan yang dihadiratNya tidak perlu ada ketakutan. Bebaskan dia hari ini juga dari  rasa takut yang merusakkan, dan ubahkan dengan rasa takut akan Tuhan (Yeremia 32:40). Ajarkan dia di jalan-Mu Tuhan. Tolong dia hidup dalam kebenaran-Mu. Bulatkan hatinya untuk takut akan nama-Mu (Mazmur 86:11). Semoga ia tidak takut kepada manusia, tetapi boleh dengan tegar berkat, Tuhan adalah penolongku,aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadapku? (Ibrani 13:6). Alangkah limpahnya kebaikkan_Mu yang telah Kau simpan bagi orang yang takut akan Engkau? (Mazmur 31:20).
Aku berkata kepadamu Joe, Kuatkanlah hati, jangan takut!Lihatlah Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!(Yesaya 35:4).Engkau akan ditegakkan di atas kebenaran, engkau akan dijauhkan dari pemerasan, sebab engkau tidak usah takut lagi.(Yesaya 54:14).Engkau tidak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang pada waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di tempat gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang (Mazmur 91:5,6). Semoga Roh Tuhan berdiam atas kamu, Roh hikmat dan pengertian, Roh nasehat dan keperkasaan, Roh pengenalan dan taku akan Tuhan (Yes 11:2).

9.TUJUANNYA
Tuhan aku mohon supaya Joe mampu mendengar dengan jelas panggilan-Mu dalam hidupnya. Tolong dia menyadari siapa dia di dalam Kristus dan berikan kepadanya kepadanya kepastian bahwa dia, diciptakan Tuhan dengan sebuah rancangan yang agung. Semoga hatinya terang agar dia mengerti pengharapam apa yang terkandung dalam penggilan-Mu. (Efesus 1:18).
Tuhan, waktu Engkau memanggil kami, Tuhan juga memampukan kami. Mampukan dia hidup sesuai panggilanNya dan menjadi anak Tuhan sdengan rancangan-Mu. Selalu ingatkan dia akan panggilan Tuhan baginya dan jangan biarkan dia tenggelam dalam hal-hal yang tidak penting dalam rancangan-Mu. Usir segala keraguan supaya dia jangan terkalahkan. Buka matanya melihat jauh ke depan agar dia bisa melihat tujuan Tuhan menciptakannya. Berikan kesabaran untuk menunggu waktu Tuhan yang tepat. Aku mohon agar keinginan hatinya tidak bertentangan dengan kehendak-Mu. Semoga dia selalu menuruti petunjuk-Mu dan mau mendengar saaat Tuhan berbicara kepadanya.

10.PILIHANNYA
Tuhan, penuhi suamiku dengan rasa takut akan Tuhan dan berikan kepadanya kebijaksanaaan dalam tiap keputusan yang harus diambilnya. Semoga dia selalu mengacu kepada-Mu dan jalan-jalanMu dan selalu mencari kebenaran-Mu. Nyatakan kehendak-Mu kepadanya agar dia membuat keputusan seSuai dengan kehendak-Mu. Tolong agar dia membuat keputusan-keputusan yang benar dan jauhkan dia dari segala kebodohan. Singkirkan segala kebebalan dari hatinya dan mampukan dia mengenali kesalahan dan menghindarinya. Buka matanya supaya dengan jelas dia bisa melihat akibat perilaku yang salah.
Aku mohon supaya dia mau mendengar nasehat yang baik dan bukan menjadi orang bebal yang menolak ajaran. Berikan kepadanya kekuatan untuk menolak ajaran yang salah dan mau mendengar nasehat-Mu di atas yang lain.Aku menyatakan bahwa sekalipun banyak rancangan di hati manusia, tetapi keputusan T^uhanlah yang terlaksana.Amsal 19:21). Ajarilah dia bahkan pada waktu tidur (Mazmur 16:7), dan di pagi hari aku mohon agar dia melakukan yang benar dan tidak menuruti keinginan dagingnya. Aku tahu hikmat dunia itu kebodohan bagi-Mu, Tuhan (I Korintus 3:19). Semoga dia tidak mengikutinya, tetapi menatapkan matanya kepada-Mu dan telingannya untuk mendengar suara-Mu.

11.KESEHATANNYA
Tuhan, aku memohonkan sentuhan kesembuhan dari-Mu untuk Joe. Buat agar setiap bagian dari tubuhnya berfungsi sesuai dengan rancangan-Mu. Bila ada yang kurang seimbang, perbaikilah dan sempurnakanlah. Sembuhkan dia dari semua penyakit, luka, cacat, atau kelemahan.Kuatkan tubuhnya agar dapat menopang beban pekerjaannya, dan bila ia tidur, agar dia nantinya bangun dalam keadaaan segar, bugar, dan sehat. Berikan jamtung yang kuat dan tidak sakit. Aku tidak ingin dia mendapat serangan jantung kapanpun.
Aku berdoa agar dia selalu ingin menjaga kesehatannya, makan makanan yang sehat, berolahraga dengan teratur, menghindari apapun yang berbahaya bagi kesehatannya. Tolong supaya ia menyadari bahwa tubuhnya adalah bait-Mu dan dia harus menjaganya seperti itu (I Korintus 3:16). Aku berdoa supaya ia mempersembahkannya sebagaio persembahan yang hidup, kudus dan berkenan pada-Mu (Roma 12:1)
Bila Ia sakit, aku mohon Tuhan menguatkan dan menyembuhkannya. Penuhi ia dengan sukacita-Mu agar ia kuat. Berikan kepadanya iman untuk berseru kepada-MU, o Tuhan, aku berseru kepada-Mu dan Engkau menyembuhkan aku (Mazmur 30:2). Terimakasih Tuha, karena Engkaulah penyembuhku. Aku berdoa supaya suamiku berumur panjang dan sehat, dan bila kematian tiba, semoga ia dalam kedamaian dan tanpa penderitaan dan kesakitan.Terimakasih Tuhan karena Engkau ada  disana untuk menyambutnya ke dalam Hadirat-Mu, pada waktu yang Tuhan telah tentukan baginya.

12.PERLINDUNGANNYA
Tuhan aku mohon perlindungan-Mu bagi Joe dari semua kecelakaan, penyakit, bahaya, atau pengaruh-pengaruh jahat. Jaga keselamatannya terutama dalam mobil dan pesawat udara. Jauhkan dia dari kekerasan dan rancangan orang-orang jahat. DImanapun dia berjalan, amankan langkahnya. Peliharakan dia di jalan-Mu supaya kakinya jangan goyang (Mazmur 17:5). Bila kakinya terpeleset, angkatlah ia oleh belas kasihan-Mu (Mazmur 94:18). Berikan kepadanya hikmat dan pertimbangan yang dapat menopang jalannya dan supaya kakinya tidak terantuk ke dalam bahaya (Masal 3:21-23). Jadilah Tuhan bukit batu, kubu pertahanan, dan penyelamat baginya (Mazmur 18:2,3). Biarkan dia berada dalam naungan kepak sayap-Mu (Mazmur 91:1,2). Jadilah gunung batu, keselamatan, dan kota benteng baginya supaya ia tidak goyah (Mazmur 62:6). Aku berdoa biar hal-hal yang buruk terjadi disekitarnya, tetapi itu tidak akan menimpanya (mazmur 91:7). Selamatkan dia dari rancangan jahat musuh (Mazmur 103:4).jagalah keluar masuknya dari sekarang samapai selama-lamanya (Mazmur 121:8).

13.UJIANNYA
Tuhan hanya engkau yang tahu betapa berat beban yang ditanggung suamiku. Mungkin aku tahu sedikit, tetapi Engkau yang telah mengukur beban yang mampu dipikulnya. Aku bukan minta Tuhan memperkecil apa yang Tuhan sedang kerjakan dalam hidupnya, karena aku percaya Engkau melakukan mujizat-mujizat besar di tengah pencobaan. Aku juga berusaha melindungi dia dari apa yang harus dihadapinya. Aku Cuma ingin mendukungnya supaya ia mampu melewati pergumulan ini sebagai pemenang.
Tuhan Engkau tempat perlindungan dan kekuatan kami, penolong saat kami dalam kesesakkan (Mazmur 46:1). Engkau sudah mengundang kamiuntuk dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya (Ibrani 4:16). Aku menghampiri Takhta-Mu dan mohon belas kasihan bagi suamiku. Kuatkan hatinya dalam pergumulan ini dan berikan kepadanya kesabaran untuk menantikan Engkau.(Mazmur 27:1-4). Bangkitkan dia  supaya apapun yang terjadi, dia akan mampu bertahankuat sampai akhir. Tolong agar dia selalu bersukacita dalam pengharapan, sabar dalam kesesakan, dan tekun dalam doa.(Roma 12:12). Berikan kepadanya ketekunan menyelesaikan pertandingan itu tanpa menyerah karena Engkau bersabda bahwa tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali (Amsal 24:16). Ingatkan dia bahwa Tuhan menentukan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadaNya; apabila ia jatuh tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya (Mazmur 37:23,24).
Aku berdoa supaya ia memandang Tuhan sebagai tempat berlindung sampai berlalu kehancuran itu (Mazmur 57:2). Semoga ia tekun menantikan Engkau, karena orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru :mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatansayapnya; mereka berlari tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah (Yesaya 40:31).Aku berdoa agar ia menemukan kekuatannya di dalam Engkau, dan bila ia berseru kepada-Mu, ENgkau mendengarnya dan melepaskannya dari semua kesukarannya (Mazmur 34:7).

14.INTEGRITASNYA
Tuhan, aku mohon agar Tuhan menjadikan suamiku orang yang tulus hati menurut ukuran-Mu. Berikan dia kekuatan untuk mengatakan Ya ketika ia harus mengatakan Ya dan keberanian untuk berkata Tidak kalau ia harus mengatakan Tidak. Mampukan dia bertahan pada apa yang dia tahu benar dan tidak goyah di bawah tekanan dunia. JAngan biarkan dia menjadi orang yang selalu ingin diajar, namun tidak pernah dapat mengenal kebenaran (II Timotius 3:7).Sebaliknya berikan padanya roh yang menurut yang rela mendengar suara hikmat dan bertumbuh dalam jalan-Mu.
Jadikan ia orang yang hidup dalam kebenaran. Pimpin dia dalam seluruh kebenaran-Mu (Yohanes 16:13). Jadikan dia saksi kebenaran supaya dalam tekanan apapun ia tetap berpegang kepadanya. Bila dia sudah berdosa dalam hal ini atau dalam hal lain, berikan kepadanya hati yang mudah mengakui kesalahannya. Karena Engkau telah berfirman, jika kita berkata bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiridan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan (I Yohanes 1:8,9). Jangan biarkan dia tertipu. Jangan biarkan dia hidup dalam kebohongan apapun. Kalungkanlah ketulusan dan kesetiaan di lehernya dan tuliskalah pada loh hatinya suapay ia mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah dan manusia (Amsal 3:3,4).

15.REPUTASINYA
Tuhan, aku berdoa supaya Joe memiliki reputasi yang tak ternoda.Aku tahu bahwa seringkali orang dinilai menurut pujian yang diberikan kepadanya.(Amsal 27:21), karena itu aku mohon agar dia dihormnati dikota kami dan orang-orang berkata baik tentang dia. Dalam Firman-mu Engkau bersabda bahwa kutuk tanpa alas an tidak akan kena (Amsal 26:2). Aku berdoa agar tidak akan pernah ada alasan untuk mengatakan hal yangburuk tentang dia. Jauhkan dia dari segala jerat hukum dan kriminalitas. Jauhkan dia dari musuh-musuhnya, Tuhan. Bentengi dia terhadap orang-orang yang bangkit menlawan dia (Mazmur 59:2). Berperanglah melawan orang yang berperang melawan dia (mazmur 35:1). Pada-Mu yan Tuhan, aku berlindung, jangan sekali-kali kami mendapat malu (Mazmur 71:1). Jika Tuhan beserta kami, siapakah lawan kami (Roma 8:31).
Firman-Mu berkata bahwa pohon yang baik tidak mungkin menghasilkan  buah yang tidak baik, atau pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang baik. Setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.(Matius 7:18,19)). Aku berdoa agar suamiku menghasilkan buah yang baik sebagai hasil kebaikkan dalam dirinya, dan supaya ia dikenal dari hal-hal baik yang dilakukannya. Semoga buah-buah kejujuran, dapat dipercaya, dan kerendahan hati mempermanis hubungan kerjanya, sehingga reputasinya tidak pernah rusak.
Lindungilah dia dari musuh, jauhkan dia dari jalan orang jahat. Tarik dia dari jerat-jerat yang dipasang untuknya (Mazmur 31:4). Selamatkan dia dari mulut-mulut jahat yang suka bergosip dengan api-Mu yang menyempurnakan. Biarlah mereka yang terlibat dibukakan. Biarlah mereka yang ingin menrusak kehidupannya menjadi malu dan tersipu-sipu; biarlah mundur dan kena noda mereka yang mengingini kecelakaannya (Mazmur 40:15). Semoga dia percaya kepada-Mu dan tidak takut akan apa yangdapat orang lakukan kepadanya (mazmur 56:12). Karena Engkau telah bersabda, barangsiapa yang percaya kepada-Mu tidak akan dipermalukan (Roma 10:11). Pimpinlah dia, bimbinglah dia, jadilah kota benteng tempatnya berlindung.Semoga terangnya bercahaya di depan semua orang suapaya mereka melihat perbuatannya yang  baik dan memuliakan Engkau, Tuhan (Matius 5:16).

16.PRIORITASNYA
Tuhan, aku menyatakan Engkaulah Tuhan dalam hidupku. Tolong aku agar pertama-tama mencari Tuhan tiap-tiap hari dan mengatur prioritas yang lain secara sempurna. Ajari aku mendahulukan suamiku di atas anak-anak, pekerjaan, keluarga, teman-teman, dan kesenangan-kesenagnan lain. Tunjukkan apa yang bisa ku lakukan sekarang untuk menunjukkan kepadanya bahwa dia punya tempat khusus di hatiku. Ampuni aku kalau aku pernah membuatnya ragu. Ajarkanjuga padaku mengatur prioritas hidupku supaya jangan ada waktu yang terbuang sia-sia untuk hal-hal yang tak berguna.
Aku berdoa supaya urutan prioritas suamiku sempurna. Jadilah Tuhan dan penguasa hidupnya. Bantulah ia memilih hidup dalam kesederhanaan sehingga ia selalu punya waktu bersekutu dengan Tuhan dan tempat untuk mengundang Engkau. Ajarilah dia menjadikan Firman-Mu, doa dan pujian sebagai prioritas dalam hidupnya. Mampukan dia menempatkan aku dan anak-anak kami sebagai yang lebih penting dalam hatinya daripada karier, teman-teman, dan kegiatan-kegiatannya. Aku berdoa supaya iapun mencari Engkau terlebih dahulu dan menyerahkan segalanya kepada-Mu agar semuanya dalam kehidupannya berjalan dengan sempurna.

17.PERGAULANNYA
Tuhan, aku berdoa supaya suamiku mempunyai teman-teman pria yang saleh dan dapat dipercaya. Semoga mereka adalah orang-orang yang menyampaikan kebenaran di dalam kehidupannya, bukan hanya mengatakan hal-hal yang menyenangkan hatinya (Amsal (28:23). Berikan kepadanya kemampuan untuk menjauhkan dirinya dari orang-orang yang membawa pengaruh buruk (I Korintus 5:13). Tunjukkan kepadanya pentingnya persahabatan yang saleh dan tolong dia memelihara persahabatan itu. Berikan pada kami pasangan-pasangan seiman lain yang dapat berbagi persahabatan dengan kami.
Aku mendoakan hubungan persaudaraannya dengan tiap anggota keluarganya, tetangga, kenalan, dan teman sekerjanya.
Aku berdoa supaya dalam hatinya ia menghormati Ayah dan Ibunya supaya diperpanjang umurnya dalam negeri yang Tuhan janjikan (Kel 20:12). Mampukan dia menjadi orang yang pengampun dan tidak menyimpan dendam dalam hatinya terhadap orang lain. Tuhan, Engkau bersabda bahwa, barangsiapa membenci saudaranya, ia berada dalam kegelapan dan hidup dalam kegelapan. Ia tidak tahu kemana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya (I Yohanes 2:11) Aku berdoa supaya suamiku jangan pernah dibutakan oleh kegelapan karena tidak mau mengampuni, tetapi semoga ia selalu berjalan dalam terang pengampunan. Semoga ia tidak menghakimi atau marah kepada siapapun,tetapi selalu mengiungat bahwa kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah. (Roma 14:10). Mampukan ia mengasihi musuhnya, memberkati orang yang mengutukinya, berbuat baik kepada orang yang membencinya, dan mendoakan mereka yang menganiaya dia (Markus 5:44). Aku berdoa bahwa aku termasuk temannya yang terbaik dan bahwa persahabatan diantara kami akan terus bertumbuh. Tunjukkan padanya apa arti menjadi sahabat sejati dan mampukan dia menjadi sahabat sejati.

18.PERANNYA SEBAGAI AYAH
Tuhan, ajari suamiku menjadi ayah yang baik. Bila dulu ia tidak  terbentuk menurut ajaran-Mu, pulihkan hatinya. Berikan wahyu ilahi kepadanya dan kerinduan dalam hatinya untuk mengenal-Mu sebagai bapa surgawi. Tarik dia dekat kehadirat-Mu, supaya ia bisa makin menjadi seperti Engkau, dan sepenuhnya merasakan kasih dan cinta-Mu kepadanya. Berikan hati yang seperti itu dalam dirinya bagi anak-anaknya. Tolong dia menjaga keseimbangan antara belas kasihan,penilaian, dan pengajaran sebagaimana Tuhan lakukan. Meski Engkau menghendaki ketaatan, Engkau segera mengampuni hati yang bertobat. Jadikan dia seperti itu juga. Ajari dia dalam mendisiplin anak. Tolong dia memahami bahwa siapa mengasihi anaknya menghajar dia pada waktunya (Amasal 13:24). Semoga dia tidak pernah membangkitkan amarah dalam hati anak-anaknya, tetapi mendidik mereka dalam ajaran dan nasehat Tuhan (Efesus 6:4). Aku mohon supaya kami bersatu dalam aturan yang kami berikan kepada anak-anak dan selalu sepakat dalam pengajaran mereka. Aku mohon supaya jangan perselisihan atau perdebatan dalam pendidikan dan hal-hal yang menyangkut kehidupan mereka.
Berikan kepadanya bakat untuk berkomunikasi dengan anak-anak. Aaku berdoa supaya dia jangan keras, kejam, dingin, pemarah, tidak komunikatif, pasif, suka mengkritik, lemah, tidak peduli,meremehkan, tidak dapat diandalkan, atau tidak mau terlibat terhadap anak-anak. Sebaliknya tolong dia supaya menjadi ramah, penuh kasih, lembut hati, hangat, perhatian, sayang, kuat, konsisten, dapat diandalkan, pandai berkomunikasi, penuh pengertian, dan sabar. Semoga ia mengajar anak-anak menghormatinya sebagai ayah supaya hidup mereka panjang dan diberkati.
Tuhan, aku tahu kami menurunkan harta spiritual kepada anak-anak kami. Semoga warisan ayang dibawanya penuh dengan kuasa Roh Kudus-Mu. Mampukan dia menjadi contoh hidup yang taat kepada perintah-Mu. Semoga dia berbahagia dengan anak-anaknya dan ingin mendidik mereka menurut jalan-Mu. Ia sangat ingin menjadi ayah yang baik. Aku mohon supaya Tuhan memberikan kepadanya kerinduan itu.

19.MASA LALUNYA
Tuhan, aku mohon Engkau memampukan suamiku melepaskan diri dari masalalunya. Bebaskan dia dari belenggu apapun yang mengikatnya. Tolong dia melupakan kebiasaannya memikirkan masa lalu dan perbaharuilah roh dan pikirannya (Efesus 4:22,23). Kembangkan pengertian bahwa Engkau menjadikan semuanya baru (Wahyu 21:5). Tunjukkan kepadanya dengan bantuan Roh Kudus-Mu bagaimana ia melupakan hal-hal buruk yang sudah terjadi. Berikan kepadanya pikiran Kristus supaya ia bisa membedakan suara-Mu dari suara masa lalu. Bila ia mendengar suara-suara itu, mampukan ia bangkit dan meredamnya dengan kebenaran firman-Mu. Bila ia pernah merasakan penolakan dan sakit hati, aku berdoa agar jangan pengaruh itu mewarnai apa yang dilihat dan di dengarnya sekarang. Curahkanlah roh pengampunan ke dalam hatinya supay kepahitan, kebencian, dendam, dan rasa tidak mau mengampuni tidak mendapat tempat di hatinya. Semoga dia melihat masa lalunya sebagai pelajaran sejarah, bukan sebagai tuntutan buat hidupnya sehari-hari. Bila masa lalunya menjadi kenagan yang pahit, aku mohon Tuhan menghapuskannya dan mematikannya. Balutlah luka-lukanya. (Mazmur 147:3).Segarkanlah jiwanya (Mazmur 23:3). Tolong dia melepaskanmasa lalunya supaya ia jangan terus tinggal di dalamnya. Melainkan supaya ia bisa belajar dari pengalaman itu, meninggalkannya dan masuk ke dalam masa depan yang Tuhan sudah sediakan baginya.

20.SIKAPNYA
Tuhan, isilah hati suamiku dengan kasih dan damai-Mu hari ini. Semoga ada ketenangan, kesejukkan, dan persaan baik tercipta di dalamnya karena hidupnya dikendalikan oleh Tuhan, bukan oleh dagingnya. Mampukan di hidup di rumahnya dengan hati yang bersih dan tulus di hadapan Tuhan (Mazmur 101:2)Nyalakan cahaya Roh-Mu atasnya dan penuhi dia  dengan kasih-Mu. Aku berdoa supaya ia menjadi ramah dan sabar, tidak egois dan mudah marah. Mampukan dia menanggung segala sesuatu, percaya segala sesuatu, berharap dalam segala sesuatu, dan sabar menanggung segala sesuatu (I Korintus 13:7). Bebaskan dia dari kemarahan, kegelisahan, kecemasan, kekhawatiran, kperselisihan, dan tekanan. Semoga dia tidak patah semangat karena kesedihan, tetapi menikmati kegembiraan dan hati yang berpesta (Amsal 15:15). Berikan dia roh sukacita dan jangan biarkan dia menjadi orang tua yang bersungut-sungut. Tolong supaya dia jangan cemas akan apapun, tetapi ajarilah dia bersyukur dalam segala hal supaya dia bisa merasakan damai yang melebihi segala akal. Semoga dia suatu kali bisa berkata: Aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala hal (Filipi 4:11). Kukatakan kepada Joe hari ini, Tuhan menyinari engkau dengan wajahNya dan memberi engkau kasih karunia;Tuhan menghadapkan wajahNya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera (Bilangan 6:24-26).

21.HIDUP PERNIKAHANNYA
Tuhan, aku mohon agar Tuhan melindungi pernikahan kami dari apa saja yang dapat merusakkan atau menghancurkannya. Bentengi pernikahan kami dari egoisme dan kelalaian, dari rencana jahat orang lain, dan situasi yang tidak sehat dan membahayakan. Semoga tidak pernah ada pikiran untuk cerai atau ketidaksetiaan dalam hati kami, juga di masa depan. Bebaskan kami dari rasa sakit hati, kenangan dan ikatan hubungan dengan orang lain di masa lalu, dan juga harapan-harapan yang tidak realistis dalam hati kami masing-masing. Aku mohon supaya jangan ada rasa cemburu dalam hati kami berdua, juga jangan ada rasa rendah diri yang bisa membawa kecemburuan. Jangan pernah ada apapun dalam hati kami yang dapat mengancam pernikahan kami terutama pengaruh buruk seperti alcohol, obat-obatan, perjudian, pornografi, nafsu, atau obsesi.
Ikatlah kami dalam ikatan persahabatan, komitmen, kemurahan hati, dan pengertian. Hilangkan sikap kekanak-kanakan, permusuhan, atau perasaan rendah diri. Tolong kami saling menyediakan waktu untuk memelihara dan membahrui hubungan kami, dan ingatkan kami akan alasan pernikahan kami sejak semulanya. Aku berdoa supaya Joe bertanggungjawab kepada-Mu, Tuhan, dan bahwa tanggung jawabnya kepadaku tidak pernah goyah, biar badai apapun menimpanya. Aku berdoa supaya cinta kami selau bertumbuh tiap hari, supaya kami tidak akan pernah meninggalkan warisan perceraian kepada anak-anak kami.

22.EMOSINYA
Tuhan, Engkau sudah berjanji dalam firman-Mu bahwa Engkau membebaskan jiwa kami bila kami berlindung pada-Mu (Mazmur 32:23). Aku berdoa supaya suamiku mau percaya kepada-Mu untuk membebaskannya dari emosi-emosi negative. Semoga dia tidak pernah dikendalikan oleh depresi, kemarahan, kecemasan, kecemburuan, ketidakberdayaan, ketakutan, atau pikiran-pikiran untuk bunuh diri. Bebaskan dia dari emosi-emosi yang mengendalikannya. (Mazmur 40:18). Aku tahu hanya Engkau yang dapat membebaskan dan menyembuhkan, tetapi apakah aku sebagai alat penyembuh-Mu. Tolong aku supaya jangan sampai tertariuk jatuh bersamanya dalam pergumulan. Sebaliknya, mampukan aku memahami dan berikan aku kata-kata yang membawa kehidupan. Tolong dia membuka perasaannya yang paling dalam kepadaku dan kepada orang-orang yang dapat menolongnya. Bebaskan dia supaya dia bisa menangis bila perlu dan tidak mengunci perasaannya di dalam hatinya. Pada saat yang sama berikan dia karunia untuk tertawa dan kemampuan menikmati humor walau dalam situasi serius. Ajari dia mengangkat pandangannya dari lingkungannya kepada-Mu dan beriman kepada-Mu, apapun yang dirasakannya. Berikan kesabaran agar dia bisa merebut kembali jiwanya dan berikan kemampuan untuk mengendalikannya (Lukas 21:19). Urapi dia dengan minyak sukacita (Yesaya 61:3) Segarkan dia dengan Roh-Mu, dan merdekakan dia dari emosi-emosi negatif hari ini juga.

23.JALAN HIDUPNYA
Tuhan, aku tahu bahwa manusia tidak berkuasa menentukan jalannya, dan orang yang berjalan tidak berkuasa untuk menetapkan langkahnya (Yeremia 10:23). Karena itu, Tuhan aku mohon agar Engkau menuntun langkah suamiku. Bimbinglah dia dalam terang-Mu, ajarkanlah jalan-Mu, supaya ia berjalan dalam kebenaran-Mu. Aku berdoa supaya ia berjalan makin dekat kepada-Mu dan makin rindu akan firman-Mu. Semoga hadirat-Mu menjadi kegemaran yang selalu dirindukkannya. Tuntunlah dia di jalan-Mu dan buat dia cepat mengaku bila dia melenceng dari jalan-Mu. Nyatakan padanya dosa-dosa  tersembunyi yang dapat menghalangi dia datang dekat kepada-Mu. Semoga dia mengalami pertobatan yang sungguh bila dia tidak hidup di bawah ketaatan kepada hukum-hukum-Mu. Ciptakan hati yang bersih di dalam dirinya dan perbaharui batinnya dengan Roh-Mu yang teguh. Jangan buang dia dari hadapan-Mu, jangan ambil Roh Kudus-Mu dari dalam dirinya (Mazmur 51:11,12)
Tuhan, firman-Mu berkata bahwa siapa yang hidup dalam kedagingan tidak bisa menyenagkan hati-Mu (Roma 8:8). Karena itu aku berdoa supaya Tuhan memampukan suamiku hidup dalam Roh dan bukan dalam kedagingan, serta menjaga dirinya sendiri dari jalan orang-orang yang melakukan kekerasan (Mazmur 17:4). Sewaktu dia berjalan dalam Roh, semoga dia juga membuahkan buah- buah Roh yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikkan, keksetiaan, kelemahlembutan. Dan penguasaan diri (Galatia 5:22,23). Jaga ia dalam kekudusan dan jalan hidupnya nyata dalam tiap aspek kehidupannya.

24.BICARANYA
Tuhan, aku berdoa agar Roh Kudus_Mu menjaga mulut suamiku, sehingga dia hanya mengucapkan kata-kata yang menyenangkan dan membangun. Tolong dia supaya jangan suka mengeluh, bersungut-sungut, menggunakan kata-kata yang kotor, atau menjadi orang yang merusak dengan kata-katanya. Sebaliknya tolong supaya ia menjaga percakapan yang saleh. Firman-Mu berkata orang yang menyukai umur panjang harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya dari ucapan-ucapan yang menipu (mazmur 34:12,13) Tunjukkan padanya bagaimana melakukan itu. Penuhi dia dengan kasih-Mu supaya hatinya meluap dengan kata-kata yang membangun dan bukan merusak.Lakukan juga yang demikian dalam hatiku.
Biarlah Roh Kasih-Mu bertakhta dalam ucapan-ucapan kami sehingga tidak terjadi miskomunikasi yang dapat saling melukai perasaan kami. Tolong kami saling menghormati, mengucapkan kata-kata yang yang membangun, berbagi perasaan dengan terbuka, dan saling sepakat tanpa bertengkar. Tuhan Engkau sudah bersabda bahwabila dua orang sepakat, Engkau hadir ditengah-tengah mereka. Aku juga mohonkan yang sebaliknya. Bahwa karena Engkau yang hadir di tengah-tengah kami, kami berdua dapat berspakat. Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulut kami dan renungan hati kami, ya Tuhan, gunung batuku dan penebusku (Mazmur 19:15).

25.PERTOBATANNYA
Tuhan, aku mohon supaya Enkau menunjukkan suamiku akan kesalahan-kesalahan dalam hidupnya. Jangan sampai ada suatupun yang tertutup ; karena tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka, dan tidak ada satupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.(Matius 10:26) Bersihkan dia dari dosa rahasia manapun dan ajari dia menjadi orang yang cepat mengakui kesalahannya (Mazmur 19:12). Tolong dia mengenali kesalahannya. Bukakan matanya supaya bisa melihat kebenaran-Mu dan telinganya supaya bisa mendengar suara-Mu. Bawalah dia ke pertobatan yang penuh dihadapan-Mu. Bila ada penderitaan biarlah itu merupakan penderitaan dari hati yang menyesal, dan bukan dari musuh yang mau menghancurkannya melalui dosa-dosa yang tidak diakuinya. Tuhan, aku tahu bahwa kerendahan hati harus mendahului kehormatan (Amsal 15:33). Singkirkan semua kesombongan yang bisa membuatnya menyangkali kesalahannya. Berikan dalam jiwanya kerendahan hati supaya ia boleh menerima kehormatan yang Tuhan berikan kepadanya.

26.PEMBEBASANNYA
Tuhan, Engkau berfirman supaya kami berseru kepada-Mu dalam kesesakkan (Mazmur 50:15). Aku berseru kepada-Mu sekarang dan mohon kelepasan bagi hidup suamiku. Bebaskan dia dari apapun yang mengikatnya. Bebaskan dia segera dan jadilah baginya gunung batu tempat perlindungan dan kubu pertahanan untuk menyelamatkannya (Mazmur 31:3). Angkatlah dia dari tangan musuh-musuhnya (Mazmur 31:15).
Berikan kepadanya pengertian supaya ia bisa mengenali pengaruh jahat dan berseru kepada-Mu. Bila kebebasan yang dimintanya tidak segera, jauhkan dia dari rasa putus asa dan tolong dia percaya bahwa Engkau telah memulai pekerjaan yang baik dan akan menyelesaikannya (Filipi 1:6). Berikan dalam hatinya kepastian bahwa bahkan dalam ketidakberdayaan, ketika dia merasa tidak mungkin berubah, Engkau Tuhan mampu mengubah segalanya.
Ajarkan dia memahami bahwa perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara (Efesus 6:12). Aku berdoa supaya ia dikuatkan dalam Tuhan dan mengenakan semua senjata Allah supaya dia dapat berdiri teguh melawan kuasa iblis. Tolong dia mengikat pinggangnya dengan kebenaran dan berbaju zirah  keadilan, memakai kasut kerelaan untuk memberitakan injil damai sejahtera. Mampukan dia memakai perisai iman agar dapat memadamkan semua panah api dari si jahat. Aku berdoa supaya ia juga memakai keyopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dan selalu berdoa denga tak putus-putusnya di dalam Roh, senantiasa berjaga-jaga dan bertahan teguh sampai akhir (Efesus 6:13-18).

27.KETAATANYA
Tuhan, firman-Mu mengatakan bahwa kalau ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar (Mazmur 66:18). AKu mohon Tuhan mau mendengarkan doa-doaku, karena itu tunjukkkan kepadaku bilaada ketidaktaatanku, khususnya dalam hubungan dengan suamiku. Tunjukkan bila aku mementingkan diri sendiri, tidak mengasihi,suka mengkritik, pemarah, membenci, tidak mengampuni, atau bersikap pahit kepadanya. Tunjukkan dima aku sudah tidak taat kepada-Mu atau tidak hidup menurut jalan-Mu. Aku mengakui semua itu sebagai dosaku dan aku mohon ampunan-Mu.
Aku mohon supaya Tuhan memberi Joe keinginan untuk hidup dalam ketaatan pada hukum-hukum dan ajaran-Mu. Nyatakan dan cabutlah segala hal yang dengan sengaja disimpannya yang bukan berasal dari-Mu. Tolong dia membawa semua pikiran dan tindakannya dalam kendali Tuhan. Ingatkan dia untuk melakukan kebaikkan, tidak berbicara buruk tentang orang lain, selalu berdamai, lembut, dan rendah hati (Titus 3:1,2). Ajari dia taat memikul beban dan disiplin seorang murid. Perlakukan dia sesuai dengan kebenarannya, dan balaslah kepadanya sesuai dengan kesucia tangannya (Mazmur 18:21). Tunjukkkan kepdanya jalan-Mu, Tuhan, dan ajarkan kepadanya hukum-hukum-Mu. Bawalah dia berjalan dalam kebenaran-Mu, sebab Engkau Allah yang menyelamatkannya (Mazmur 25:4,5).
Jadikan dia orang yang selalu memuji-Mu, karena aku tahu bahwa bola kami menyembah-mu, kami akan mengenali kehendak-Mu, kami akan diubahkan, dan kami akan menerima kekuatan untuk hidup pada jalan-Mu.Tolong dia supaya mendengar perintah-perintah-Mu yang khusus dan mapukan dia melakukannya dengan taat. Berikan dia hati yang rindu melakukan kehendak-Mu dan semoga dia menikmati damai sejahtera yang hanya bisa datang dalam hidup yang sepenuhnya taat kepada hukum-Mu.

28.CITRA DIRINYA
Tuhan, aku berdoa supaya suamiku menemukan identitas dirinya di dalam Engkau. Tolong dia memahami harga dirinya sebagaimana Engkau memandangnya dengan standar Tuhan. Semoga dia mengenali kualitas yang Tuhan sudah tempatkan dalam dirinya dan mampukan dia menghargainya. MAmpukan dia melihat dirinya sendiri seperti Tuhan melihat dirinya, serta memahami bahwa Engkau telah membuatnya hamper sama dengfan Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu, segala-galanya telah Kau letakkan di bawah kakinya (Mazmur 8:6-7).Diamkan suara-suara yang mengatakan kepadanya hal yang sebaliknya dan berikan kepadanya telinga untuk mendengar suara-Mu. KAtakan kepadanya bahwa bukan kesempurnaannya yang membawanya kepada kesuksesan dalam hidup, tetapi Engkau sendiri, Tuhan.
Nyatakan kepadanya bahwa ia menyinarkan gambaran kemuliaan Allah (I Korintus 11:7), dan bahwa ia telah dipenuhi di dalam Dia yang adalah kepala semua pemerintah dan penguasa (Kolose 2:10). Berikan kepadanya damai dan pemahaman bahwa ia Tuhan terima dan tidak Tuhan tolak. Merdekakan dia dari focus kepada diri sendiri dan rasa kesadaran diri yangmembelenggu jiwanya. Tolong dia melihat siapa Tuhan sebenarnya supaya diapun boleh melihat siapa dirinya sebenarnya. Semoga citra dirinya sendiri adalah citra Kristus yang dimeteraikan dalam jiwanya.

29.IMANNYA
 Tuhan, aku mohon supaya Engkau memberi suamiku tambahan iman tiap hari. Tingkatkan kemampuannya untuk mempercayai Engkau, firman-Mu, janji-janji-Mu, ajaran-ajaran-Mu, dan kuasa-Mu. Taruhlah dalam hatinya kerinduan untuk bercakap-cakap dengan engkau dan mendengar suara-Mu. Berikan kepadanya pengertian apa artinya diam di hadirat-Mu dan bukan sekedar untuk meminta berbagai hal. Semoga ia mencari Tuhan, menggantungkan hidupnya kepada-Mu, dituntun oleh-Mu, mengutamakan Tuhan sebagai yang pertama, mengakui Tuhan dalam setiap tindakannya.
Tuhan Engkau bersabda bahwa iman timbul dari pendengaran dan pendengaran dari firman Kristus (roma 10:17). Penuhi jiwanya dengan firman-Mu supaya imannya bertumbuh besar untuk percaya bahwa bersama Engkau segala seuatu mungkin (Matius 19:26). Berikan dalam dirinya kepastian bahwa apa yang Tuhan sudah janjikan akan dilakukan, Tuhan akan laksanakan (Roma 4:21). Jadikan imanya perisai pelindung. Firman-Mu berkata : Orang benar akan hidup oleh iman (Roma 1:17). Aku berdoa supaya ia hidup dalam iman seperti yang Tuhan kehendaki. Semoga ia mengenal dengan kepastian sungguh Betapa limpahnya kebaikkan-Mu yang telah Kau simpan bagi orang yang takut akan Engkau, yang telah Kau lakukan bagi orang yang berlindung pada-Mu, di hadapan manusia (Mazmur 31:19).

30.MASA DEPANNYA
Tuhan, aku mohon Engkau mau memberi Joe visi bagi masa depannya. Tolong dia memahami bahwa rencana-Mu adalah demi kebaikkan dan bukan demi kejahatan. Supaya dia punya harapan untuk masa depannya (Yeremia 29:11). Penuhi dia dengan segala hikmat dan pengertian yang benar untuk mengetahui kehendak Tuhan yang sempurna, sehingga hidupnya layak di hadapan-Mu, berkenan kepada-Mu dalam segala hal, memberi buah dalam pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah (Kolose 1:9,10). Semoga ia hidup dalam tuntunan Roh Kudus dan bukan dalam keraguan dan ketakutan akan apa yang akan terjadi. Tolonglah dia bertumbuh dewasa dalam Tuhan setiap hari, menyerahkan kepada-Mu semua impian dan keinginannya dengan percaya bahwa apa yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi Allah (Lukas 18:27). Berikan padanya tujuan hidup nyang telah Engkau tetapkan dan tunjukkan padanya sikap hidup yang akan membawa buah kebaikkan pada masa depannya.
Aku berdoa supaya dia selalu aktif dalam pelayanan kepada-Mu tiap hari dalam hidupnya. Jagalah supaya dia jangan kehilangan tujuan hidupnya dan penuhi dia dengan harapan untuk masa depannya sebagai sauh yang kuat dan aman bagi jiwanya (Ibrani 6:19). Berikan padanya apa yang menjadi keinginan hatinya (Mazmur 21:3) dan warisan bagi orang-orang yang takut akan nama-Mu (Mazmur 61:6).Tanamlah dia di bait-Mu supaya ia bertunas di pelataran-Mu dan pada masa tua pun amasih berbuah (Mazmur 92 :14,15). Dan bila tiba waktunya untuk meninggalkan dunia ini dan kembali pada-Mu, semua visi yang kuat untuk kehidupan yang kekal sehingga jalannya lancar, tanpa rasa sakit, dan disertai kedamaian dan sukacita. Sampai pada hari itu, aku berdoa bahwa dia mendapatkan visi untuk masa depannya di dalam Tuhan.


                                                                                        








Tidak ada komentar:

Posting Komentar