Minggu, 03 Juni 2012

Potensi Manusia

Manusia mempunyai banyak kelebihan. Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Sayangnya banyak manusia yang tidak menyadari akan kelebihannya. Yang terlihat hanya kekurangannya, sehingga muncul rasa rendah diri.

 Apa saja kelebihan manusia? Banyak sekali. Diantaranya adalah:
- Jantung manusia berdenyut 100.000 ribu kali perhari
- Jantung manusia memompa 25.000 liter darah perhari
- Pembuluh darah manusia panjangnya mencapai 100.000 kilometer
- Mata manusia bisa membedakan sedikitnya 10 juta warna
- Jika semua potensi manusia itu dikumpulkan, maka manusia bisa menarik beban seberat 25.000 ton
- Potensi otak manusia. Otak manusia terdiri dari otak kanan dan otak kiri. Otak kanan untuk hal-hal yang bersifat imajiniasi (gambar, seni, musik). Sedangkan otak kiri untuk hal-hal yang bersifat logika (berhitung, matematika, fisika).
Itu baru sebagian “kecil” saja potensi yang dimiliki manusia. Masih banyak potensi lainnya. Untuk itu sudah semestinya kita sebagai manusia bersyukur atas karunia Tuhan tersebut, dan memanfatakan potensi tersebut dengan sebaik-baiknya. Manusia harus menggali potensi yang ada dalam dirinya.
Untuk menggali potensi diri, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:
1. Tanamkan sikap mental positif.
2. Tanamkan keyakinan positif.
Untuk mempunyai sikap mental postif, kita harus mengembalikan “state” (kondisi/keadaan/mood) ke posisi yang baik atau positif. Kalau mood kita bagus, maka kita akan mampu melakukan banyak hal.
Menanamkan keyakinan positif akan mendatangkan sikap optimis dan tidak mudah menyerah. Setiap kejadian dilihat dari kacamata positif. Misalnya: melihat kegagalan sebagai sukses yang tertunda, bukan sebagai tanda kegagalan berikutnya.
Alangkah ruginya, jika kita membiarkan potensi yang ada dalam diri kita “terkubur” begitu saja. Mari kita gali dankembangkan potensi diri kita, sekecil apapun itu. Tommy Siawira/ smartfm (am)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar