Minggu, 03 Juni 2012

Inspirasi: Asah Kapak Anda

Beberapa tahun lalu seorang pemuda mencari pekerjaan dan bertemu dengan seorang pengusaha penebangan kayu dan pemuda itu meminta pekerjaan padanya. “Tergantung,” jawab pengusaha itu, “coba kamu tebang satu pohon ini.” Anak muda itu maju dan dengan tangkas berhasil menumbagkan pohon yang cukup besar. Pengusaha kayu itu terkesan dengan kemampuan pemuda itu dan berkata “kamu dapat mulai bekerja hari Senin.”
Senin, Selasa, Rabu berlalu, dan pada Kamis siang pengusaha itu mendatangi pemuda itu dan berkata “Kamu dapat mengambil gajimu pada waktu pulang nanti.” Terkeju mendengar kalimat itu, si pemuda bertanya “Saya pikir Anda akan membayar saya pada hari Jumat.” “Biasanya begitu,” jawab pengusaha itu. “Ttetapi kami meminta kamu berhenti hari ini karena kamu tidak berhasil. Catatan kami menunjukkan penurunan yang sangat drastis sejak hari Senin hingga hari Rabu.”
“Tetapi saya adalah seorang pekerja keras,” jawab pemuda itu. “Saya datang lebih awal dan pulang lebih akhir, dan saya juga menggunakan waktu istirahat untuk terus bekerja.” Sang pengusaha itu berdiam sebentar merenungkan ketulusan pemuda tersebut dan bertanya: “Apakah kamu mengasah kapakmu?” Pemuda itu menjawab “Tidak pak! Saya menggunakan seluruh waktu untuk bekerja dengan sangat keras.” [Sumber: Hot Illustrastions for Youth Talks].
Refleksi:
Setiap orang perlu mempertajam berbagai aspek dalam dirinya, bukan sekedar bekerja dengan segiat-giatnya. Kita perlu mempertajam pengetahuan kita, mempertajam ketrampilan kita, mempertajam kepekaan kita. Terutama setiap orang perlu mempertajam kualitas dan kepekaan kerohaniannya. Banyak orang terlalu sibuk mengurus kebutuhan fisiknya tanpa memperhatikan kerohaniannya, sehingga pada akhirnya yang diperoleh adalah kelelahan dan ketiadaan makna.
“Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah.” Matius 4:4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar